Alokasi Kuota Haji Reguler 2014 Sebanyak 155.200 Jamaah

Nusantara

Rakor Gubernur se Sumatera, Bahas Percepatan Jalan Tol Sumatera 2013

Pekanbaru, InfoPublik - Dalam mempercepat pembangunan jalan tol trans Sumatera sepanjang 2.700 Km, dari Banda Aceh hingga Bandar Lampung, yang berkonsep High Grade Highway (HGH), para gubernur se-wilayah Sumatera berkumpul di Pekanbaru.

Dalam rapat koordinasi Gubernur se wilayah Sumatera tersebut, para Gubernur ini, membahas kelanjutan proyek jalan tol yang melintasi setiap provinsi.

Demikian yang diungkapkan oleh Pj Gubernur Riau Djohermansyah Djohan, yang juga menjabat sebagai Dirjen Otda RI, saat membuka acara Rapat koordinasi pertemuan Gubernur se wilayah Sumatera, di Hotel Labersa, Pekanbaru, Selasa (17/12).  

Dikatakannya,  rakor ini sangat  diperlukan karena dapat menyelesaikan follow up dari forum gubernur  di Sumatera Selatan beberapa waktu lalu. Pertemuan ini dasarnya wadah dalam upaya membahas berbagai aktivitas pembangunan yang berwawasan pulau Sumatera serta untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan jalan tol trans Sumatera yang sudah masuk dalam program MP3EI tahun 2013. 

“Benar bahwa pembangunan jalan tol trans Sumatera masih belum dapat dilaksanakan, karena terbentur regulasi atau aturan,“ ungkapnya. 

Dikatakannya, untuk menyelesaikan permasalahan regulasi pembangunan jalan tol trans Sumatera, dibutuhkan kesepakatan dan satu suara dari seluruh Gubernur se-Sumatera yang saat ini hadir dalam pertemuan di Pekanbaru. 

Dijelaskan, selain adanya kesepakatan dari seluruh Gubernur se-Sumatera, sharing budget antara pemerintah provinsi dan kabupaten / kota se-Sumatera juga sangat dibutuhkan sebagai antisipasi jika pihak ketiga tidak ada yang berminat membangun jalan tol trans Sumatera. 

“Kita juga membutuhkan sharing budget antara Pemprov dan Pemkab / Pemkot dalam pembangunan tol trans Sumatera ini. Seperti pembangunan jalan tol di Provinsi Bali yang sepenuhnya dibiayai dari APBD provinsi dan Kabupaten,“ ujarnya. 

Selain itu, Percepatan pembangunan jalan tol Sumatera, kata Djo begitu sapaanya, membutuhkan payung hukum berupa Peraturan Presiden (Perpres). Padahal tahap awal, pemerintah sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp2 triliun di APBN Perubahan. 

Pj Gubernur Riau mengharapkan seluruh Gubernur se-Sumatera dan khususnya masyarakat Riau mendukung pembangunan tol trans sumatera demi kemajuan perekonomian Pulau Sumatera. 

Hadir dalam pertemuan tersebut hampir seluruh Gubernur se-Sumatera, Bupati / Walikota se-Riau dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum se-Sumatera. Pertemuan Gubernur se Wilayah Sumatera itu bakal berlangsung selama 3 hari, dari 16 sampai 18 Desember 2013. (MC Riau/mtr/toeb)